haji dan solidaritas organik (Zahriatul)

HAJI DAN SOLIDARITAS ORGANIK

Seperti yang telah kita lihat dari ibadah haji bagaimana islam mendidik manusia untuk menciptakan perdamaian dunia. Ia tidak saja mengumpulkan manusia- manusia dari bermacam- macam bangsa, bermacam- macam suku dan berbagi ragam bahasa yang ada di dunia untuk bergaul agar dapat mengenal satu sama lain. Tetapi di kaitkan dengan suku- suku manusia itu dengan tali persaudaraan yang kuat, mengakui bersama bahwa Allah adalah satu- satunya Tuhan yang harus di sembah dan harus di taati segala apa yang telah menjadi perintah-Nya.

Islam hendak membawa manusia di dunia ini dengan perantara kalimat tauhid. Daripada keyakinan yang tersimpul dalam kata kesatuan kepada kesatuan kata, daripada kesatuan Tuhan kepada kesatuan umat manusia.

Demikian ada kesamaan bahkan telah menjadi solidaritas yang ditimbulkan dengan melaksanakan ibadah haji, karena dari semua umat yang terdiri dari berbeda golongan dan suku bangsa, bahasa menjadi satu, berkumpul untuk tujuan yang sama, yaitu Haji. Kesamaan tujuan inilah yang disebut solidaritas sosial organik.

Durkheim menggunakan istilah solidaritas organik untuk menganalisa masyarakat secara keseluruhan, bukan organisme-organisme dalam masyarakat solidaritas organik muncul karena kesamaan tujuan kolektif. Dalam sistem organik, kemarahan organik yang timbul karena perilaku menyimpang menjadi lebih kecil kemungkinannya karena kesadaran kolektif itu begitu kuat. Sebagai hasilnya,hukum lebih bersifat rasional disesuaikan dengan parahnya pelanggaran dan bermaksud untuk melindungi hak- hak dari pihak yang dirugikan atau menjamin bertahannya saling ketergantungan dalam hukum- hukum kepemilikan.

Dalam ibadah haji, pelanggaran yang dilakukan akan terkena hukum yang sesuai dengan apa yang telah di perbuatnya/ dilanggarnya. Karena bertujuan memulihkan dan menekan untuk melindungi hak- hak. Maka solidaritaslah yang muncul dengan dilaksanakannya haji. Di dalam ibadah haji tidak ada seseorang yang merasa dirinya lebih kuat/ lemah dan merasa dirinya menang. Akan tetapi dalam ibadah haji mengajarkan manusia tentang kebersamaan dengan tujuan yang sama dan juga dalam persamaan hak, dimana rasa persatuan dan kesatuan adalah sesuatu yang paling penting yang di timbulkan dari solidaritas organik itu sendiri

Solidaritas yang ditimbulkan dari ibadah haji ialah saling mengenal dan saling menghargai satu sama lain, dimana dari semua orang yang pada saat itu melakukan ibadah haji tersebut mempunyai tujuan yang sama dalam dewasa ini.

Hikmah dari ibadah haji pun bermacam- macam yaitu :

  • Kebersamaan atau solidaritas dari sesama umat islam yang ada di dunia.
  • Persamaan dan perwujudan yang sama dan sebanding.
  • Jaringan ekonomi, budaya, pendidikan sosial , pertahan dll.
  • Revolusi doktrin islam secara berkelanjutan.

Islam telah membuat beberapa peraturan guna menguatkan persatuan dan kesatuan dan menanamkan semangat bekerja bersama untuk kepentingan bersama yaitu memperkuat umat.

Demikian durkheim menjelaskan, namun peraturan- peraturan mengenai moralitas dan keadilan yang bersifat mengharuskan, peraturan – peraturan tersebut memaksa individu untuk bertindak sesuai dengan tujuan yang bukan persis dari dirinya sendiri untuk memungkinkan persetujuan mengenai kepentingan yang lebih besar dari kepentingannya sendiri. Akibatnya dimana masyarakat akan mengandalkan pembagian kerja lebih lanjut. Anggota- anggota itu disatukan oleh ikatan yang menjangkau lebih dalam dan lebih jauh di balik pertukaran itu terjadi.

Maka dengan demikian ibadah  haji identik dengan kebersamaan tujuan dan solidaritas organik muncul karena persamaan tujuan maka ibadah haji ialah untuk memunculkan  solidaritas organik.

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Susmayanti, dan Sudarsono. 1992, Mengenal Keesaan Tuhan Ka’bah Pemersatu Umat Islam. PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.

Yudhi, Muhammad Haryono. 2002, Haji Mistik, Penerbit Nalar. Bekasi.

Paul, doyle johnson. 1994, Teori sosiologi klasik dan modern. PT Gramedia Utama. Jakarta.

This entry was posted in sos2/F1. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s