Bayangkan apa yang terjadi bila manusia bumi ini tidak memiliki cara bagaimana untuk mengatasi lingkungan yang kotor kemudian andaikan juga manusia tidak memikirkan bagaimana cara untuk mengatasinya dan hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri.

Betapa banyaknya sampah yang menumpuk dan mencemari lingkungan disekitar kita, berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan berapa banyak bahaya yang harus kita hadapi.

Meskipun sekarang zaman sudah berubah, sampah tetap menjadi masalah utama. Kenyataan pahit inilah yang kini dihadapi oleh kota-kota besar di Indonesia, sampah selalu menimbulkan persoalan yang sulit dipecahkan dimanapun mereka berada.

Manusia mulai menyadari dampak dari kelalaian mereka untuk menjaga kebersihan lingkungan yang akibatnya menimbulkan polusi, pengotoran dan mempunyai efek yang lebih jauh terhadap lingkungan hidup manusia.

Di Jakarta contohnya, soal tempat pembuangan sampah lantas dianggap sebagai lembah tak berguna pengganggu kesehatan padahal sampah bisa dijadikan bahan baku kompos, pupuk dan pembangunan kesuburan tanah.

Untuk itu, perlu dibangun pabrik kompos modern yang berfungsi mengelola sampah yang terkumpul, untuk mendaur ulang sampah, sementara itu di tempat penghasil sampah organik didirikan sentra pengomposan sistem tradisional.

Manusiapun mulai memikirkan jalan keluar dari masalah sampah dan bagaimana cara mengatasi permasalahan ini. Orang mulai berfikir bagaimana memanfaatkan sampah yang berlimpah untuk menjadi barang yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

 

  • Pengertian Kebersihan

Kebersihan adalah memelihara atau merawat diri

 

  • Lingkungan adalah tempat dimana kita tinggal dan berinteraksi dengan makhluk lain dan merupakan bagian dari ekosistem lingkungan harus kita rawat dengan baik agar kelestariannya tetap terjaga.

Apabila kelestarian lingkungan terjaga dan terpelihara dengan baik, maka ekosistemnya pun seimbang. Namun apabila lingkungan tidak terpelihara dan terjaga dengan baik, maka keseimbangan ekosistem pun terancam.

Apabila ekosistem terganggu keseimbangannya maka segala kehidupan yang ada di dunia inipun akan ikut terganggu dengan adanya bencana alam yang akan melanda dunia ini.

Apalagi Indonesia tergolong negara rawan bencana karena dilewati rangkaian gunung berapi. Negeri kepulauan ini kerap kali diancam letusan gunung berapi. Meletusnya gunung Awu di Sulawesi Utara dan disusul dengan gunung Bromo di Jawa Timur setelah terbukti.

Selain letusan gunung berapi, gempa bumi menjadi ancaman lain yang sering menyantakkan penduduk di berbagai wilayah Indonesia. Bahaya-bahaya itu belakang di perparah oleh bencana akibat ulah manusia.

Banjir, kekeringan, dan tanah longsor merupakan bencana yang timbul akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Bencana yang merupakan bumerang bagi manusia kecenderungannya semakin meningkat, lebih tinggi kejadiannya dan tingkat kerusakan dibandingkan dengan bencana alam. Bencana alam akibat kerusakan lingkungan yang parah oleh tenaga manusia muncul setiap tahun. Hal ini seharusnya sudah dilihat sebagai krisis ekologi.

  • Pengertian rumah adalahbangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan yang ada disekitar kita.

Namun kalau tempat tinggal yang khusus bagi hewan bisa disebut sangkar sarang atau kandang. Dalam arti khusus rumah mengacu pada konsep-konsep sosial – kemasyarakatan yang terjalin.

Di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, tempat bertumbuh, makan, tidur, beraktivitas yang dilakukan oleh setiap manusia yang bertempat tinggal di suatu rumah.

Karena rumah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan kita karena setiap manusia memperlakukan tempat yang bisa melindungi kita dari hujan, dari terik sinar matahari dan dari ancaman binatang buas.

Dan di rumah kita dapat berkumpul dengan keluarga, sanak kerabat kita yang selalu ada di saat kita membutuhkan dan tempat berbagi dikala kita sedih dan senang.

Di rumah pula kita diajarkan berbagai oleh keluarga, kita bagaimana kita berperilaku dan bertutur kata yang baik dan melakukan perbuatan yang politik.

Dengan rumah kita memperoleh banyak pelajaran pengalaman hidup yang akan kita hadapi di masa yang akan datang dan sebagai menatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

  • Sebab-sebab lingkungan kotor karena kalau dilihat dari menyebabnya adalah krisis ekologi juga terlihat pada skala kerusakan lingkungan yang tinggi, berupa kerusakan ekosistem kelangkaan sumber daya alam, terjadi konflik dan kekerasan serta tingginya pencemaran.

Yang diakibatkan oleh sampah masyarakat yang sekarang ini menjadi masalah yang tidak karena dapat terpecahkan oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Karena orang yang tidak bertanggung jawab atas perbuatannya yang selalu nimbun sampah di sembarang tempat akhirnya sampah berserakan dimana-mana serta dinimbun sampah di jalan, diselokan, di laut dan di aliran sungai.

Akhirnya lingkungan di sekitar kita akan tercemar dan kotor oleh sampah dan akan menyebabkan terjadi bencana banjir yang sering terjadi di ibu kota. Jakarta yang saluran airnya tersumbat oleh sampah masyarakat.

Tapi apa yang sudah terjadi seperti itu bencana banjir yang kerap melanda ibukota Jakarta, masyarakat tidak menyadari bahwa yang menyebabkan banjir adalah ulah mereka sendiri.

Yang tidak mau numbung sampah pada tempatnya dan akhirnya akan mencemari lingkungan yang ada di sekitar rumah-rumah penduduk dan akibatnya mereka akan terserang berbagai macam penyakit.

Seperti demam, gatal-gatal, diare, demam berdarah yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Kalau sudah seperti itu banyak masyarakat menyadari bahwa betapa pentingnya kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita bagi kelangsungan hidup sehari-hari.

  • Pengertian Kebersihan

Kebersihan adalah memelihara atau merawat diri dan lingkungannya dari segala yang kotor, kebersihan merupakan salah satu syarat untuk terwujudnya kesehatan, dan sehat adalah salah satu faktor yang dapat memberikan kebahagiaan.

Orang yang kurang menjaga kebersihan dirinya dan lingkungannya dari segala yang kotor, maka lingkungannya akan menjadi kotor dan banyak sekali kuman yang menyebabkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal, diare, DB dan lain sebagainya.

Karena itu kebersihan merupakan cerminan hidup manusia karena dengan kita hidup bersih maka kita akan terhindar dari hal-hal yang tidak baik bagi kesehatan, bagi kita sendiri.

Oleh karena itu manusia berupaya untuk memelihara lingkungan dan segala yang kotor, dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman.

  • Manfaat Kebersihan Lingkungan

Kejadian yang kita alami atau kita lihat dan kita dengar dalam kehidupan sehari-hari menimbulkan banyak reaksi yang bermacam-macam, misalnya saja sampah yang melanda negara Indonesia. Kejadian ini menimbulkan reaksi bermacam-macam.

Baik dari mereka yang hanya sekedar mendengar, atau dari mereka yang melihat. Perasaan sedih, pilu, takut dan lain sebagainya muncul perasaan-perasaan tersebut merupakan wujud reaksi spontan dari dalam diri mereka.

  • Kenyataan fakta sosial yang paling mendasari asumsi umum yang fundamental adalah Emilk Durkheim memecahkannya secara langsung, bahwa fakta sosial itu memiliki eksistensi yang independen pada tingkat sosial, dan mengambil pendirian “reduksionis” secara eksplisit yang mengemukakan bahwa setiap usaha untuk menjelaskan gejala sosial akhirnya harus didasarkan pada proposisi-proposisi mengenai perilaku individu, yang berkaitan dengan karakteristik fakta sosial dan strategi untuk menjelaskan fakta sosial.

Dan sifat-sifat pokok dari masyarakat yang didasarkan pada solidaritas organik karena kesadaran masyarakat kolektif lemah saling menguntungkan yang tinggi dan konsensus pada nilai-nilai abstrak.

 

 

MAKALAH

“KEBERSIHAN LINGKUNGAN”

Diajukan untuk tugas mata kuliah

“Logika Scientifik”

Dosen Pembimbing :

Drs. Masduqi Affandi, M.Pd.I

Oleh :

ANIQ FAJROH ROHMAWATI

B05210056

FAKULTAS DAKWAH

JURUSAN SOSIOLOGI

INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN AMPEL SURABAYA

SURABAYA 2011

 

This entry was posted in kelas 1 j2. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s