Ilmu Dakwah

Ilmu Dakwah

Makalah

Untuk memenuhi tugas matakuliah

logika scientific

Oleh :

 

Nunung Indahyati (B75210079)

Dosen Pembimbing :

Masduqi Affandi M.Pd

 

 

FAKULTAS DAKWAH

PROGRAM STUDI SOSIOLOGI

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL

SURABAYA

2011

LOGIKA SCIENTIFIC

 Logika scientific mutlak dibutuhkan untuk melengkapi kita dalam mempertajam jiwa dan menolong meluruskan jalan yang sebelumnya tidak lurus menjadi lurus sebagaimana koridor jalan yang sebenarnya selanjutnya mematuhi peraturan yang ada.

Logika ini sesungguhnya merupakan penyempurnakan logika alami yang telah kita miliki sebagaimana dengan pengertian logika scientific itu sendiri “ ilmu yang mempelajari tentang hukum-hukum,prinsip-prinsip,bentuk-bentuk pikiran manusia yang kita patuhi dan jika kita patuhi akan membimbing kita untuk mencapai kesimpulan –kesimpulan yang betul dan lurus “

Dalam menentukan kesimpulan logika scientific yang kita harus miliki adalah sebuah pengetahuan yang dapatdijadikan suatu ilmu. Ilmu adalah pengetahuan yang tersusun secara secara sistematis yang diyakini kebenarannya Ilmu dakwah itu bergabung dengan ilmu-ilmu keislaman,sains sosial dan metodologi dakwah.

Hubungan ilmu dakwah dengan sains sosial.

No KOMPONEN DAKWAH OBJEK KAJIAN SAINS TERKAIT
1. Pelaku dakwah Perilaku sosial,latar belakang,sosiokultural,posisi hukum Psikologi sosial,antropologi,sosiologi agama,ilmu hukum
2 Pesan dakwah Struktur,isi Sosoi linguistik,retorika
3 Sasaran dakwah Perilaku sosial Logika psikologi,sosiologi agama
4 Media dakwah Ekonomi Ilmu komunikasi,ilmu ekonomi
5 Efek dakwah Perilaku individu,perubahan sosial Psikologi,sosiologi,antropologi,ilmu politik
6 Metode dakwah Persuasi,edukasi Komunikasi, ilmu pendidikan

Dari ilmu yang bermacam-macam tadi semua orang memiliki pandangan masing-masing,dimana pandangan itu tidak satu orangpun yang mau untuk diremehkan. Anggapan umum tersebut juga memiliki sebuah keraguan. Karena keraguan itu sendiri adalah seuah keterbatasan yng dimiliki kita sebagai manusia.

  • Metode Dakwah

Metode dakwah adalah cara-cara sistematis yang menjelaskan arah strategis dakwah yang telah ditetapkan.

Metode Dakwah antara lain:

No Metode Keterangan
1 Metode ceramah Metode ini biasanya digunakan oleh para ulam-ulama yang menerangkan secara langsung dan gamblang dengan diselipi catatan kecil.(urutan apa yang ingin dibicarakan). Dengan teknik persiapan ceramah,penyampaian ceramah.,dan penutupan ceramah yang tepat.
2 Metode diskusi Metode diskusi seorang pendakwah sebagai pembawa misi islam haruslah dapat menjaga keagungan namanya dengan menampilkan jiwa yang terang berhati-hati
3 Metode konseling Pertalian antara hubungan timbal balik antara individu satudengan individu yang lainnya untuk saling melengkapi ilmu yang mereka miliki
4 Metode karya tulis Metode ini biasanya diwujudnkan dengan terciptanya sebuah buku ataupun tulisan yang membangun agar kita lebih berusaha lebih baik lagi dari sebelunnya
5 Metode pemberdayaan masyarakat Dakwah dengan upaya untuk membangun daya,dengan cara mendorong ,memotivasidan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki serta berupaya untuk mengembangkannya.
6 Metode kelembagaan Pembentukan dan pelestarian norma dalam wadah organisasi dalam instrumen dakwah.
  • Skeptisime

Kecurigaan , keangkuhan , kehendak diri, kelelahan, kelelahan, keras kepala,ketergasaan, keemosian itu adalah salah satu unsur munculnya kekeliruan. Itu memandakan bahwa kekeliruan itu pasti akan terjadi dalam sebuah pengetahuan. Karena pengetahuan itu sendiri memiliki sebuah pedoman yang berbeda- beda.

Untuk metodenya itu juga ada dua antara lain refleksif dan filosof. Untuk reflesif itu sendiri sebuah pemikiran yang sangat mendalam dan berkelanjautan dan untuk filosof sebagai dasar dalam pengembangan ilmu untuk keanekaragaman dan keberagaman yang ada didalamnya.

  • Pesan Dakwah

Dalam teologi islam masalah wahyu dan akal merupakan pembicaraan yang aktual. Empat masalah yang sebenarnya wajib diketahui antara lain:

  1. Pengenalan terhadap tuhan (dalam konteks sosiologi pengenalan terhadap tuhan itu wajib di miliki bagi siapa saja yang beriman atau semua orang yang memiliki agama, kewajiban itu akan mengantarkan kita untuk lebih dekat lagi dengan tuhan yang telah menciptakan kita)
  2. Mengenal Alloh
  3. Mengetahui baik dan buruk ( dalam bermasyarakat kita hanya di hadapkan 2 hal yaitu baik dan buruk, dan kita wajib memilih satu diantara hal itu, jika kita memilih baik dan begitu juga sebaliknya )
  4. Mengerjakan perbuatan baik dan meninggalkan perbuat buruk.

Jadi pesan dakwah itu dapat terjadi jika empat masalah tersebut kita kuasai.

  • Da’i

Setiap da’i memiliki karakter yang berbeda –beda untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Ada yang dari mereka yang serius ada juga yang santai. Semua itu tergantung dari karakter orang yang dihadapi

  • Mad’u

Perlu bagi kita yang berkecimpung dalam dunia dakwah untuk memahami sifat-sifat hakiki mad’u,pemahaman tersebut diperlukan agar dapat merumuskan suatu  perubahan dari kondisi yang baik menjadi lebih baik bagi masyarakat mad’u. Dalam keperluan itu tampaknya kita memerlukan pendekatan sosoilogis tentang hakikat manusia dan masyarakat agar memperoleh pengetahuan yang memadai tentang masyarakat mad’u yang dihadapi.

DAFTAR PUSTAKA

Affandi,masduqi,ontologi dasar-dasar filosofi,diantama,Surabaya,2007.

Ali ,Aziz,ilmu dakwah,kencana prenada media group,jakarta,2008.

This entry was posted in SOS 2/F3. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s